Saat ini, banyak organisasi berjuang untuk mengatasi masalah yang meliputi ketidakhadiran karyawan, peningkatan biaya perawatan kesehatan, penurunan produktivitas, dan retensi karyawan. Bisnis sedang mencoba pendekatan yang berbeda untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah fokus pada desain interior kantor.

Menurut banyak penelitian, desain interior telah terbukti menjadi faktor penting yang memfasilitasi retensi karyawan, kepuasan karyawan dan produktivitas karyawan. Oleh karena itu, organisasi semakin bekerja sama dengan perusahaan desain interior Kreatif untuk Desain Interior profesional untuk menawarkan karyawan lingkungan kantor yang menyenangkan, fungsional dan nyaman.

Sementara desain interior meningkatkan tampilan dan nuansa keseluruhan dari ruang kantor, itu juga harus memfasilitasi kenyamanan, kesehatan, dan produktivitas karyawan. Berikut adalah beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan sebelum merancang lingkungan kerja yang nyaman dan sehat.

1) Pencahayaan:

Pencahayaan adalah salah satu elemen terpenting yang bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif. Ruang kerja harus dilengkapi dengan keseimbangan pencahayaan alami dan buatan yang tepat. Sementara harus ada sumber penerangan alami yang memadai termasuk jendela, skylight, dan langit-langit, harus ada pengaturan yang dibuat untuk mengontrol silau, bayangan dan kelebihan sinar matahari melalui penggunaan tirai louvered. Pencahayaan yang buruk menyebabkan beberapa ketidaknyamanan bagi karyawan seperti kelelahan mata, sakit kepala, kelelahan dan pandangan kabur, dll. Akibatnya mempengaruhi kinerja. Oleh karena itu, tempat kerja harus dilengkapi dengan pencahayaan yang tepat yang memudahkan visibilitas dan meningkatkan produktivitas.

2) Kenyamanan Termal:

Kenyamanan manusia atau kenyamanan jasa design interior Jakarta Tangerang termal didefinisikan sebagai kepuasan karyawan dengan kondisi kerja. Ketidakpuasan karyawan sering terjadi ketika suhu di tempat kerja terlalu rendah atau terlalu tinggi. Sangat penting untuk memiliki kenyamanan termal yang tepat yang mencakup tingkat kelembaban yang baik dan kualitas udara untuk lingkungan kerja yang sehat dan santai. Selain itu, jika karyawan diberikan kontrol kenyamanan pribadi untuk menyesuaikan kondisi lingkungan mereka, mereka memiliki rasa kepuasan yang lebih tinggi.

3) Mebel Ergonomis:

Karena karyawan menghabiskan waktu kerja yang lama di kursi mereka, penting untuk memiliki kursi ergonomis dengan dukungan punggung dan tulang belakang yang baik. Pilih furnitur ergonomis yang memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan dengan posisi tubuh yang berbeda, mendukung postur yang baik dan juga memiliki dukungan pinggang yang baik. Perabotan ergonomis membantu karyawan beradaptasi dengan perubahan persyaratan tugas, sehingga meningkatkan konsentrasi dan produktivitas mereka.

4) Desain Biofilik:

Desain interior yang memungkinkan karyawan untuk terhubung dengan dunia luar dari dalam lingkungan kantor membuat karyawan bahagia dan sehat. Unsur-unsur alam dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam kantor melalui berbagai cara. Ini termasuk menggunakan warna kantor, tekstur dan kain yang menyerupai alam, menghiasi dinding kantor dengan foto, karya seni atau lukisan alam dan menggunakan dinding kaca yang membuat karyawan terpesona oleh keindahan pemandangan dunia luar.